Ternyata,Buah Naga Menyimpan Manfaat Luar Biasa

Di balik warna cerah dan rasa segar telah ditemukan bahwa buah naga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan Anda. Dari meningkatkan stamina hingga mencegah kanker, manfaat buah naga sangat memalukan.

Manfaat buah naga merah, putih dan ungu dapat dicapai karena kandungan vitamin dan mineral yang berbeda. Dalam 100 gram (7 sendok makan) buah naga mengandung nutrisi berikut.

Ternyata,Buah Naga Menyimpan Manfaat Luar Biasa

Salah satu hal yang menjadikan buah naga sebagai alternatif makanan ringan yang sehat adalah kurangnya lemak dan kolesterol pada buah itu.

Manfaat buah naga bagi tubuh

Manfaat kesehatan buah naga bukanlah fakta baru. Namun, manfaat buah naga belum mendapat banyak perhatian. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah yang satu ini.

1. Membantu dengan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan yang dapat meringankan berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan radang sendi. Antioksidan bekerja lebih baik ketika mereka secara alami berasal dari makanan daripada suplemen atau obat-obatan.

2. Kaya akan serat yang baik untuk tubuh

Serat makanan tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan, tetapi juga melindungi tubuh dari penyakit lain seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan menjaga berat badan ideal.

3. Saluran pencernaan yang sehat

Saluran pencernaan yang sehat adalah salah satu manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan. Buah naga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang berguna untuk kesehatan pencernaan.

4. Meningkatkan daya tahan

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga tergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi. Vitamin C dan keratinoid dalam buah naga dapat meningkatkan daya tahan dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

5. Tingkatkan kandungan zat besi dalam tubuh

Tidak banyak buah yang mengandung zat besi. Buah naga adalah salah satunya. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen melalui tubuh dan untuk mencerna makanan yang akan digunakan sebagai sumber energi.

6. Sumber magnesium yang baik

Kandungan magnesium dalam buah naga relatif tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Mengkonsumsi buah naga berukuran sedang dengan berat sekitar 100 gram dapat memenuhi 18% dari kebutuhan magnesium harian tubuh.

Magnesium dibutuhkan oleh tubuh untuk proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh. Mineral ini juga dikatakan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Membantu mengontrol gula darah

Kandungan serat dalam buah naga membuatnya baik untuk penderita diabetes tipe 2. Serat membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat membatasi konsumsi makanan. Selain itu, buah naga juga membantu menurunkan kadar gula darah.

8. Baik untuk jantung

Buah naga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Manfaat ini disebabkan kandungan antioksidan dalam buah naga.

Selain itu, biji buah naga juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

9. Mencegah kanker

Buah naga juga dipercaya dapat mencegah kanker karena kandungan vitamin C dan likopennya. Selain itu, telah ditunjukkan bahwa antioksidan dalam buah naga membantu mengurangi sel kanker dalam tubuh.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Untuk kulit yang sehat, buah naga bermanfaat untuk mengurangi keriput dan merawat jerawat serta kulit kering. Manfaat ini diperoleh melalui vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya. Kandungan antioksidan dalam buah naga juga dapat mencegah paparan berlebihan terhadap radikal bebas, yang sering menjadi penyebab penuaan dini.

11. Pengurangan peradangan pada tubuh

Bagi Anda yang menderita sakit kronis akibat rheumatoid arthritis, mengonsumsi buah naga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Buah ini mengandung zat anti-inflamasi yang juga bertindak sebagai pereda nyeri alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *