Sosok Kepala Desa Selalu Berhati-hati dalam Melayani

Desa Kraton Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, saat ini dipimpin oleh sosok Taukhid. Ya, laki-laki kelahiran April 1964 ini sudah 5 tahun menjabat sebagai kepala desa Kraton untuk periode pertamanya.

Taukhid merupakan warga pendatang dari Desa Ploso Kecamatan Mojo, ia mulai menetap di Desa yang ia pimpin ini selama 20 tahun. “Saya sebenarnya asli Ploso, lalu saya menikah dengan istri yang aslinya dari sini,” terang suami dari Sukamti ini seraya tersenyum.

Simak juga nih Mengenal Jenis dan Manfaat Pupuk Anorganik

Menjadi kepala desa bukan cita-cita dari ayah 3 anak ini, ia mendapat dorongan dari warga desanya. “Saya dapat dukungan warga mbak, lalu saya minta izin keluarga.Alhamdulillah ada izin keluarga, ungkapnya. Dalam memimpin desanya, Taukhid menggunakan prinsip hati-hati dalam melakukan berbagai hal terutama dalam hal pelayanan. “Hati-hati terus mbak, supaya ndak menimbulkan gejolak diantara masyarakat,” jelas laki-laki yang memiliki hobi bulu tangkis ini.

Dengan berbagai karakter warga yang majemuk, Taukhid menggunakan posisinya sebagi kepala desa untuk menjadi pengambil keputusan sekaligus penengah diantara pendapat warganya yang berbeda-beda. “Harus sabar mbak, karena tingkat SDM nya juga berbeda. Makanya harus ati-ati biar ndak salah ucap. Jelasnya.

Hal lain diungkap Nurkholis selaku warga Desa Kraton, bila Taukhid merupakan sosok yang sabar dan sederhana. Tidak hanya demikian, Miftahul selaku pengusaha tahu desa Kraton juga mengungkapkan bila orang yang memimpin desanya saat ini adalah sosok yang sabar dan berhari-hati.

Bagi Taukhid, menjadi sosok kepala desa bukan hal yang mudah. Ia mengungkapkan bila menjadi kepala desa merupakan aktifitas yang sedang mengukir sejarah untuk kemajuan desanya dimasa mendatang. “Ya berupaya supaya saat kita sudah tidak menjadi kepala desa programnya tetap berlanjut. Dan kita tetap bermanfaat untuk sesama,” pungkasnya sambil tersenyum puas. (c2)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>