Pengadaan TPT untuk Mendukung Pertanian Desa

Tanggul Penahan Tanah (TPT) merupakan salah satu wujud pengembangan infrastruktur di Desa Wenengpaten Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. TPT yang selesai dibangun pada September 2017 ini merupakan wujud dari Dana Desa (DD) yang dimiliki oleh Desa Wenengpaten.

Menurut Bunasir selaku Kepala Desa Wenengpaten, adanya TPT adalah wujud dukungan sarana dan prasarana pengairan sawah serta menguatkan jalan agar tidak mengalami erosi saat hujan deras. “Karena sawah disini mayoritas milik warga saya, ya harus ada fasilitas yang mendukung seperti TPT,” ungkap ayah 3 anak ini sambil menunjuk area persawahan desanya. Ia juga menjelaskan bila dukungan untuk hal pertanian dapat mengangkat perekonomian warga sekitar.

Baca juga ya Mengenal Jenis dan Manfaat Pupuk Anorganik

Pembangunan TPT yang berada di 6 titik ini berdasarkan usulan warga saat musyawarah perencanaan dan pengembangan desa. “ Itu TPT nya buanyak mbak,  sampek lali aku (Sampai saya lupa).Ada di Complang, Combong, Trunojoyo,timur bengkok,Paten, sama Combong barat,” ungkap Bunasir sambil bercanda. Ia juga menjelaskan bila adanya TPT sudah sejak 2016 melalui musyawarah perencanaan dan pengembangan desa yang disetujui dan terealisasikan pada 2017. “Mayoritas warga disini itu petani dan buruh tani jadi pembangunan TPT ini harus di APBDes kan,” tambahnya.

“Yang bikin beda TPT ini dari yang lain itu diatur TPK, jadi seluruhnya dikerjakan oleh warga sendiri. Lumayankan ya biar gak nganggur,” ungkap Bunasir seraya tertawa. Ia juga menjelaskan bila penambahan fasilitas untuk pertanian mempengaruhi warganya menjadi semangat bekerja untuk hasil tanam yang maksimal.(c2)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>